media informasi seputar dunia wanita

Penyebab haid tidak teratur

Penyebab haid tidak teratur

Penyebab haid tidak teratur dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur, dengan mengetahui akan penyebab haid tidak teratur ini pastinya anda dapat menyiasatinya sejak awal agar siklus haid atau datang bulan tetap normal disetiap bulannya. Dengan kondisi siklus haid yang tidak teratur ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman serta ada perasaan khawatir akan adanya gangguan kesehatan.

Penyebab yang paling utama jika terjadinya haid tidak teratur ini diakibatkan oleh gangguan dari dalam tubuh seperti ketidak seimbangan sistem hormonal. Gangguan hormonal ini bisa terjadi karena pola hidup yang anda jalani bisa saja tidak sehat. Pengaruh akan ketidak seimbangan sistem hormonal dalam tubuh dapat terjadi karena gangguan stress dan bisa pula terjadi akibat dari gangguan kesehatan. Yang paling menyebabkan ketidak seimbangan hormonal ini dapat diakibatkan karena kelelahan. Mengatasi hal tersebut maka ada baiknya bagi anda untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengatur kegiatan anda sehari-hari secara teratur.

Disamping hal yang telah disebutkan tadi, penyebab haid tidak teratur bisa pula disebabkan karena hal lain seperti penyebab haid tidak teratur berikut ini;

Siklus haid bisa tidak teratur dapat terjadi karena program diet yang anda jalani, program diet yang terlalu ketat bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Diet yang tepat adalah dengan menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh tidak mengalami kekurangan asupan bahan makanan. Dengan mengurangi asupan makanan melalui program diet yang kurang tepat akan menyebabkan ketidak seimbangan hormon dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab haid tidak teratur.

Penyebab siklus haid tidak teratur disebabkan oleh kelelahan akibat anda beraktifitas sehari-hari. Luangkanlah waktu anda sejenak dikesibukan yang begitu menyita waktu anda, dengan anda beristirahat maka sistem metabolisme anda menjadi stabil kembali sehingga tidak mempengaruhi sistem hormonal yang berakibat haid menjadi tidak teratur. Siasatilah dengan tepat kegiatan yang anda lakukan agar waktu anda tidak selalu anda habiskan dengan melakukan pekerjaan yang membuat anda merasa lelah.

Penyebab haid tidak teratur bisa terjadi karena stress yang anda temui, stress ini menjadi salah satu penyebab yang paling sering dijumpai pada kasus haid tidak teratur. Stress menjadi pemicu ketidak seimbangan sistem hormonal dalam tubuh anda selain stress bisa pula menyebabkan metabolisme anda menjadi terganggu. Tanggulangi stress melalui langkah yang tepat, jika stress yang anda hadapi disebabkan karena pekerjaan, maka sebaiknya segeralah selesaikan masalah pekerjaan anda jangan menunda hingga pekerjaan lainnya menumpuk dihadapan anda.

Penyebab haid tidak teratur dapat pula terjadi karena penyakit, secara tidak langsung dengan mengkonsumsi jenis obat-obatan disaat anda sakit bisa menjadi penyebab haid anda tidak teratur. Obat-obatan yang dikonsumsi ini bisa mempengaruhi sistem hormonal dalam tubuh anda yang bisa mengganggu kelancaran haid anda.

Bagi wanita yang menyusui dapat pula mengalami resiko haid menjadi tidak teratur, dimana sistem hormonal pada wanita menyusui ini lebih dialihkan pada produksi jumlah susu sehingga dapat berakibat haid menjadi tidak teratur. Namun hal ini tidaklah perlu anda khawatirkan karena masih bersifat normal walaupun haid anda menjadi tidak teratur.

Beberapa penyebab haid tidak teratur diatas adalah sedikit dari sekian banyak penyebab haid tidak teratur. Menyiasatinya sejak dini akan lebih mempermudah anda dalam mengatasi haid tidak teratur ini, penerapan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat serta olahraga secara tertaur tentunya menjadi cara tepat mengatasi haid tidak teratur ini.

Artikel Terkait :

Posted by Unknown, Published at 23:34 and have
Title : Penyebab haid tidak teratur
Description : Penyebab haid tidak teratur dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur, de...
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab haid tidak teratur . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab haid tidak teratur sebagai sumbernya.

Share to : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Sarana Wanita Design by Fajri Mansyah
Powered by Blogger and Damzaky